Mereview Semuanya
Headlines News :

Latest Post

Resep Mudah Memasak Ayam Kecap

Written By Roy Ivan Fidelis on Senin, 29 Mei 2017 | 00.11.00

Belakangan saya sedang tertarik mencoba berbagai resep memasak, dan sedang tergila-gila mencoba mencicipi berbagai olahan ayam. Dari berbagai olahan ayam tersebut, ayam kecap sedang menjadi pilihan utama karena beberapa faktor, yaitu :

- cara memasaknya mudah
- bahan-bahan yang dibutuhkan tergolong murah meriah
- cita rasa yang dihasilkan tergolong enak dan sesuai dengan lidah saya.


Oleh karena itu tidak heran jika kemudian saya mencoba memasak sendiri ayam kecap. Namun dari berbagai percobaan, seringkali diliput berbagai kegagalan seperti gosong, rasa yang "ngawur", dan masakan yang masih terasa mentah. Namun menyerah bukan tipe saya sehingga hasil yang dicapai akhirnya sesuai dengan keinginan.

Adapun resep ayam kecap yang berhasil saya buat terjadi pada tanggal 10 Mei 2017 dengan rincian sebagai berikut :

Bahan baku :
- 1/2 potong ayam potong
- 1 botol kecap manis
- 1 botol kecap asin
- 1 botol kecap pedas
- 1 botol kecap asam
- minyak goreng
-cabai merah 1/2 kg
- cabai hijau 1/2 kg
- bawang merah 3 siung
- bawang putih 3 siung

Dan peralatan memasak yang saya butuhkan diantaranya adalah :
- sebuah wajan penggorengan
- sebuah panci
- dan berbagai peralatan dapur lainnya (termasuk kompor dan gas tentunya)

Adapun cara memasaknya adalah :

- rendam ayam goreng dalam kecap asin selama 6 jam
- rendam ayam goreng dalam kecap asam selama 6 jam
- rendam ayam goreng dalam kecap pedas selama 6 jam
- rendam agam goreng dalam kecap manis selama 6 jam

Setelah rasa kecap sudah menyatu dengan daging, rebus ayam di panci dengan api kecil.
Tuangkan kecap manis, asin, asam, dan pedas ke dalam panci. Aduk hingga merata dan angkat ayam setelah dimasak selama 2 jam.

Siapkan urapan yang terdiri dari gilingan cabai 1/4 kg, bawang merah 2 siung, dan bawang putih 2 siung. Urapayam kedalam urapan selama 1 hari. Biarkan bumbu meresap dan simpan di dalam kulkas.

Setelah 1 hari, siapkan bawang merah, bawang putih, dan cabai sisa dan goreng dalam wajan panas. Setelah digoreng selama 30 detik, segera masukkan ayam goreng ke dalam wajan tersebut.

Biarkan ayam tergoreng selama kurang lebih 3 menit.

Sajikan dengan campuran kecap asam, manis, asin, dan pedas.





Untung Rugi Sewa Scaffolding

Written By Roy Ivan Fidelis on Senin, 08 Mei 2017 | 02.20.00

Mencoba berwiraswasta dalam bidang konstruksi memang memiliki prospek yang cerah. Keuntungannya pun tergolong besar dan menggiurkan. Namun untuk menekuni dunia konstruksi, beberapa masalah tentu akan dihadapi. Tertutama masalah permodalan.

Dalam membangun bisnis konstruksi, 2 modal utama yang diperlukan adalah :

- pengetahuan akan desain konstruksi
- modal besar untuk alat dan penunjang proyek

perancah dan struktur bangunan


Untuk pengetahuan akan konstruksi, orang-orang yang hendak terjun dibidang ini umumnya memang lulusan dari teknik sipil, maupun arsitektur. Namun tidak dapat dipungkiri, beberapa orang yang memiliki modal besar akan memilih lulusan terbaik teknik sipil dana rsitektur untuk bekerja diperusahaannya.

Berdasarkan hal di atas, dapat disimpulkan bahwasanya modal utama membagun perusahaan konstruksi adalah "UANG". Uang sangat penting karena akan digunakan untuk keperluan-keperluan seperti :

- membayar pekerja
- biaya perizinan secara menyeluruh
- biaya pengadaan semen, pasir, besi, dan lain-lain
- biaya pengadaan alat seperti deco, scaffolding, dan pakaian keselamatan pekerja
- biaya-biaya tak terduga lainnya (pungli, kesalahan konstruksi, dan lain sebagainya)

Scaffolding
Di antara barang yang harus disiapkan tersebut, scaffolding adalah salah satu pengeluaran yang cukup besar dan membuat banyak orang yang berusaha membangun bisnis konstruksi bangunan mundur.

Scaffolding atau perancah adalah salah satu kebutuhan penting penunjang proyek konstruksi bangunan. Tidak hanya konstruksi rumah, namun juga gedung pencakar langit, jembatan, bahkan dalam membangun sebuah pesawat dan kapal laut.

struktur scaffolding dalam 3d

Dalam pembangunan sebuah gedung, ribuan scaffolding akan dibutuhkan. Scaffolding yang dibutuhkan pun tidak sembarangan dan tidak bisa dibuat dari bahan murah seperti bambu atau paralon, namun pipa besi galvin. Harganya ? Jangan di tanya, karena satu set scaffolding itu sendiri harganya bisa 1/4 dari harga bangunan yang sedang dibuat.

Oleh sebab itu, banyak calon pengusaha yang mundur dari usaha konstruksi dan memilih usaha lain yang dianggap lebih mudah. Untuk pengusaha yang bermental baja, cara yang mereka tempuh adalah :

1. meminjam dana/modal dari Bank
2. melakukan peminjaman peralatan konstruksi

Artinya, alih-alih membeli scaffolding, menyewa scaffolding adalah pilihan yang baik untuk tetap dapat terjun dibidang konstruksi.

Namun meminjam atau menyewa scaffolding umumnya tidak gratis dan biaya pengirimannya pun tidak murah. Oleh sebab itu sangat penting untuk melihat untung rugi meminjam atau menyewa scaffolding. Tujuannya adalah :

- memastikan anda tahu lebih baik membeli scaffolding, atau menyewa saja.
- agar tidak tertipu scammer penjualan scaffolding.

sewa scaffolding

Keuntungan sewa scaffolding :

- lebih hemat
menyewa scaffolding akan lebih masuk akal ketimbang harus langsung membeli
Ini penting, karena untuk sebuah proyek kecil saja, menyewa scaffolding bisa mencapai 5 ampai 10 juta Rupiah. Bayangkan jika harus membeli. Berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan.

- tidak perlu pusing memikirkan pergudanganscaffolding adalah barang yang dapat dipergunakan lagi. Oleh sebab itu, setelah dipakai scaffolding harus disimpan dengan aman agar tidak rusak atau tercuri. Untuk itu, anda perlu menyiapkan gudang penampungan scaffolding jika membelinya. Namun dengan menyewa, anda tidak perlu mempersiapkan gudang (yang tentunya akan menambah biaya)

Namun dengan menyewa scaffolding, kerugian yang didapat adalah :

- harga sewa scaffolding umumnya 1/5 sampai 1/20 dari harga beli scaffolding.
Jika anda berniat menggunakan scaffolding dalam jangka panjang, maka baiknya anda memutuskan melihat lebih baik menyewa atau membeli.

Anda tentu tidak ingin bukan mengeluarkan uang 1M untuk menyewa scaffolding sebanyak 20x, padahal dengan uang sebesar itu anda sudah dapat memiliki scaffolding sendiri.

- resiko kehilangan anda akan dikenakan denda
Menyewa scaffolding berarti anda harus menjaga barang yang anda pinjam. Namun seringkali scaffolding tersebut hilang baik karena dicuri, rusak, maupun kesalahan hitung jumlah scaffolding. Atas semua masalah tersebut, anda dapat terkena denda. Oleh sebab itu anda harus ekstra hati-hari menjaga aset anda. Anda tentu tidak ingin membayar double bukan ? Membayar biaya peminjaman, dan mengganti kerusakan/kehilangan barang.

penyangga bangunan

Itulah untung rugi sewa scaffolding. Untuk itu anda harus bijak ketika memutuskan membuka usaha konstruksi dengan melihat :

- apakah anda hanya akan melakukan proyek sekali itu saja
- apakah anda memiliki modal yang besar
- apakah anda ingin mengembangkan usaha anda

Dengan memiliki scaffolding sendiri, selain dapat anda gunakan, benda tersebut juga dapat anda sewakan.

Jadi bagaimana anda memutuskan ? Menyewa/rental ? Atau membeli ?
Semua keputusan ada pada kebutuhan dan ketersediaan dana anda.














Cara Memilih Karir setelah Lulus Kuliah

Written By Roy Ivan Fidelis on Senin, 17 April 2017 | 20.58.00

Mencari kerja setelah lulus kuliah - Banyak orang yang tidak tahu harus berkarir ke mana. Hal ini menyebabkan kesulitan untuk memilih pekerjaan yang ingin digeluti. Ke mana harus mendapatkan bantuan tentang bagaimana memilih karir dan mendapatkan panduan ? 

Ada tiga langkah dasar yang dapat dilakukan oleh kamu untuk membantu menjawab pertanyaan " Bagaimana Menentukan Karir ? ". Di bawah ini ada beberapa saran untuk membantu kamu memilih karir masa depanmu. Langkah-langkah berikut akan bermanfaat khususnya bagi para mahasiswa dan fresh graduate sebagai panduan merencanakan karir.

Bagaimana Menentukan Karir

Langkah Pertama : PEMINATAN
Cari tahu minat kamu dengan cara bertanya pada diri kamu sendiri:
Apa yang saya minati?
Apa yang dapat saya kerjakan dengan baik dan saya nikmati?
Kepribadian seperti apa yang saya miliki?
Apa yang sangat penting bagi saya?
Apa nilai utama yang saya pegang?

Ikuti berbagai tes berkaitan dengan karir yang ditawarkan oleh pusat karir di kampusmu, atau ikuti ujian karir yang tersedia secara online untuk membantu kamu memilih karir. Cari tahu lebih dekat tentang pengelaman hidup kamu berkaitan dengan pekerjaan, kelas atau kesempatan lain yang kamu sukai. Ingat, ini sangat personal dan semua tentang diri kamu! Memilih karir dapat menjadi pengalaman yang sangat memuaskan dengan bantuan yang tepat tentu saja.



Langkah Kedua : CARI INFORMASI 
Pelajari tentang pilihan karir yang kamu punyai. Jarang sekali ada kesempatan untuk mengambil kelas yang memberikan petunjuk tentang duania kerja sebagaimana faktanya di lapangan. Kamu harus mengambil inisiatif untuk menggali kesempatan ini sendiri. Cari tahu apakah pusat karir atau perpustakaan di kampusmu memiliki buku yang menjelaskan tentang berbagai jenis pekerjaan, kualifikasi khusus yang diperlukan dan kisaran gaji untuk berbagai posisi. Konsultan karir di kampus mungkin dapat membantu kamu. Dan juga, berbicaralah dengan orang-orang dari berbagai latar belakang karir melalui wawancara pendek, dan cobalah career shadowing , magang atau kerja paruh waktu. Semakin baik kamu merencanakan karir sebagai mahasiswa, semakin baik pula persiapan kamu memulai mencari pekerjaan pertamamu.

Langkah Ketiga : POTENSI KARIR
Bagian ketiga bagaimana memilih karir adalah untuk mengetahui prioritas dalam karir.
Setelah kamu melewati langkah satu dan dua, mungkin kamu mulai mengenali kelebihsukaan yang kuat dari diri kamu. Kamu mungkin jadi tahu bahwa kamu tidak tertarik bekerja di lingkungan kantor. Atau kamu mulai tahu bahwa minat kamu di bidang seni tidak dapat mempertahankan karir, jadi kamu mencoret pekerjaan jenis tersebut dari daftar kamu. Apa pun yang kamu pelajari tentang diri kamu, kamu melakukan penemuan penting yang akan membantu kamu menentukan karir yang bagus ketika saatnya tiba.


Yang paling penting, ingat bahwa: kamu tidak harus selamanya tetap pada pilihan karir yang kamu buat di tahap perencanaan karir semasa menjadi mahasiswa ini. Sebagian besar orang berganti karir beberapa kali selama hidupnya, jadi pekerjaan pertama yang kamu pilih setelah lulus kuliah mungkin tidak akan menjadi karir kamu dalam `5 atau 20 tahun mendatang, kecuali kamu menginginkannya. Jadi jangan terlalu menekan diri kamu sendiri untuk membuat keputusan yang sempurna, dan selalu buka matamu, gunakan sumber daya yang tersedia dalam perjalan hidup kamu untuk menemukan jalan bagaimana menetukan karir yang cocok.
Mulai pencarian kamu dari sini! Neuvoo Indonesia

Jika kamu punya nyali yang kuat untuk mencoba karir di negera asing atau bekerja di luar negeri, jangan takut! Kamu bisa melakukannya, dan dapatkan informasi lowongan kerja di luar negeri di Neuvoo Afrika Selatan | Amerika Serikat | Arab Saudi | Argentina | Australia | Austria | Bahrain | Belanda |  Belgia | Brazil | Chili | Denmark | Ekuador |  Finlandia | Hong Kong | Hungaria | India |  Indonesia | Inggris | Irlandia | Israel | Itali | Jepang | Jerman | Kanada | Kazakhstan | Kolumbia | Korea Selatan | Kosta Rica | Kuwait | Luxembourg |  Malaysia | Maroko | Mesir | Mexico | Nigeria | Norwegia | Oman | Panama | Perancis | Peru | Pilipina | Polandia | Portugal | Puerto Rico | Qatar | Republik Ceko | Republik Cina | Romania | Rusia | Selandia Baru | Singapura | Spanyol | Swedia | Swiss | Taiwan | Thailand | Turki | Ukraina | Uni Emirat Arab | Uruguay | Venezuela | Vietnam | Yunani


Pengalaman Membeli Jam Tangan secara Online di MatahariMall

Written By Roy Ivan Fidelis on Kamis, 13 April 2017 | 01.37.00

Bermula dari artikel "April Mop" di Line Today, akhirnya masuk dalam tawaran pulsa di MatahariMall. Namun tawaran pulsa tersebut agak mengecewakan karena :

- pulsanya ternyata tidak gratis
- jumlah pulsa di HP sudah terlalu banyak
- saya kurang ngerti sistem belanjanya ...

tapi akhirnya karena iseng-iseng ingin lihat apa saja barang dagangan di MatahariMall, sampailah pada sebuah tawaran jam tangan dengan voucher potongan harga sekian persen. Karena tergiur, akhirnya barang tersebut saya pesan dengan sisten COD.

Karena saya pesan barang di hari Jumat, kata costumer servicenya barang akan sampai sekitar 3 sampai 8 hari kerja (artinya paling cepat barang akan sampai pada hari Rabu, karena Sabtu dan Minggu tidak dihitung).

Tetapi ternyata barang sampai pada hari Senin ... di sini harus diacungi jempol untuk kejutan hebat pengiriman barangnya yang cepat. Nilai lebih untuk sistem kurir di MatahariMall.

Buka box , buka pack dan ambil kacamata. Setting mahkota kacamata , setting tanggal, jam, dan menit. Semua selesai ... Tapi apa yang terjadi ? JAM NYA TIDAK NYALA ... benar-benar tidak menyala...

Akhirnya mencoba search di google bagaimana menghidupkan jam tangan, namun semua cara yang ada tidak berhasil. Saya melapor ke pihak CS MamtahariMall. Costumer Service dengan ramah meminta saya menghubungi pihak support dengan mengirimkan video bukti jamnya tidak nyala.

Sayapun membuka handphone dan memvideokan tidak nyalanya jam tersebut. Tetapi ketika hendak mengirim video, ternyata upload gagal karena GMAIL tidak menerima attachment lebih dari 20MB. Saya malas edit video.

Akhirnya saya berasumsi :

- jam tangan yang diberikan MatahariMall rusak
- jam tangan yang diberikan MatahariMall tidak disertai dengan batterai
- atau, jam tangan yang diberikan MatahariMall sebenarnya baik-baik saja, hanya saja saya tidak tahu cara yang benar menyalakannya.

Dalam hemat saya, jikapun harus meminta refund atau sejenisnya, biasanya saya harus mengirim kembali barang tersebut dan membayar sendiri biaya kurir. OGAH ...

Jadi saya bawa saja jam tangan tersebut ke tukang jam. Setelah beberapa menit diutak-atik, baterai jam dikeluarkan, dan diganti dengan yang baru. Hasilnya : Jam dapat menyala dan baik.

Kesimpulan :

- Pengiriman barang di MatahariMall sangat cepat, bahkan ketika pesanan dalam bentuk COD.

- Costumer Service MatahariMall sangat tanggap, ramah, dan responsive

namun, 

- Dalam barang yang saya terima tidak ada panduan atau keterangan cara setting, atau keterangan "include batterai, atau part lainnya"

Oleh sebab itu saran yang bisa diberikan pada MatahariMall agar keluhan konsumen tidak lagi terjadi :

- sebelum pengiriman, barang elektronik sebaiknya ditest dahulu apakah berfungsi dengan baik atau tidak

- disediakan chat langsung dengan support dan bisa kirim video masalah pada barang langsung dari chat an.

Itulah pengalaman saya membeli jam tangan di Matahari Mall.

Jam tangannya sendiri, masih saya pakai. Bagus dan keren ...






Written By Roy Ivan Fidelis on Jumat, 03 Februari 2017 | 23.36.00

hay bro

pernah ke dokter mobil ?

Jadi tanggal 1 Februari kemarin, mobil saya tiba-tiba mogok.
Mobil pinjem dari temen sih jadi saya gak kaget kalau tiba-tiba mogok. Kijang tahun 97 hahaha...

Oke karena saya lagi di Kelapa Gading, mau gak mau cari bengkel mobil yang dekat di mana. Gapuk mau salah pilih bengkel, ya maka dari itu saya check-check reputasi dan testimoni bengkel yang ada di web-web. Eh ada yang bagus, namanya Dokter Mobil. Posisinya di blok QJ 2 Kelapa Gading.

Slogan awal di plang tokonya " service ac tanpa bongkar " , baru denger tapi kebetulan Kijang 97 yang rusak ini bukan AC nya yang rusak tapi mesinnya yang kalau narik di atas 30 gas nya hilang.

Service mobil di dokter mobil ini pelayanannya ramah walau bengkelnya kecil. Dan gilanya, montirnya banyak banget. Wah cepat kelarnya nih, kata saya dalam hati. Tapi ternyata gak bro... perlu 3 jam buat kelarin semuanya. Mereka lelet ? GAK ! Yang ada perbaikan mobilnya telaten dan diperhatikan satu per satu.

Hasil akhirnya, total biaya 300 ribu untuk perbaikan udah kayak turun mesin. Serius ... !!
Dan mesin kijangnya bisa kubawa dari Kelapa Gading sampai ke Kebayoran Baru pulang pergi tanpa masalah.

Yah, besok mungkin aku saranin temenku yang punya nih Kijang untuk tune up mobil juga di sana. Karena ada sistem komisi untuk testimoni hahaha

Tapi testimoni ini jujur kok :D

Revolusi Cara Mengajar

Written By Roy Ivan Fidelis on Kamis, 08 September 2016 | 03.03.00

Sudah berapa lamakah Anda mengajar? Lima tahun,sepuluh tahun atau bahkan ada yang sudah lebih dari tiga puluh tahun itu artinya seberapa lamapun kita mengajar tidak akan berkembang cara mengajar jikalau kita tidak mengambil banyak pelajaran dari siswa-siswa kita ada yang sudah sampai pensiun cara mengajarnya sama seperti ia pertama kali mengajar hanya menggunakan metode ceramah saja, dan sebaliknya ada yang kurang dari setahun mengajar tapi ia sudah banyak berbagi ilmunya dengan metode pengajaran yang bervariasi,kenapa hal semacam ini sering kita temui apakah kita ingin menjadi guru yang biasa aja dengan metode pengajaran yang itu-itu saja, sebagaimana kita ketahui kemajuan zaman yang semakin cepat menuntut kita untuk terus beradaptasi kalau tidak maka siap-siap mungkin siswa kita lebih banyak pengetahuannya pada ilmu yang kita ajarakan sehingga ketika mereka banyak bertanya pantaskah kita menjawab tidak tahu dengan kemajuan zaman saat ini. Ada beberapa hal yang bisa kita ambil pelajaran dari siswa kita yaitu :

1. Bisa Jadi Siswa kita jauh lebih modern
Tentu banyak hal yang bisa kita pelajari dari siswa kita, cobalah sesekali kita perhatikan bagaimana mereka belajar dan kalau kita mau menerimanya ternyata kita jauh tertinggal kita masih aja menggunakan metode pengajaran yang lama, tapi mereka sudah menggunakan teknolgi canggih bahkan ketika ia berada dirumah ia bisa mengakses ilmu pengetahuan terbaru yang mungkin kita belum tahu, nah dari sinilah kita bisa mengambil pelajaran bahwa sebagai guru kita jangan sampai gagap teknologi.

Berikan pada siswa pelajaran yang bersifat multimedia interaktif, seperti materi yang tersaji dalam bentuk video maupun hanya sekedar power point.

Materi multimedia seperti ini, dapat dicari di youtube, maupun website pembelajaran online seperti primaindisoft.com maupun sibejoo.com. Walaupun sebenarnya disarankan untuk menggunakan power point untuk membuat materi sendiri, namun mencari referensi materi di primaindisoft sangat disarankan

2. Siswa bisa lebih kreatif
Dari sekian siswa kita pasti kita menemukan diantara mereka yang ketika memberikan tugas sering kita temui ada yang tugasnya itu lebih indah atau lebih baik dari apa yang kita ajarkan,tentu ini sebuah kesempatan bagi kita untuk mengembangkan potensinya,kita akui saja dalam diri kita bahwa ia lebih baik,sehingga kita bisa memberikannya kesempatan untuk mengajarkan pada temannya cara yang lebih baik dari apa yang kita ajarkan pada mereka,tentunya ini akan meringankan tugas kita bisa saja mereka akan lebih paham jika temannya yang mengajarkan.

Ajarkan siswa untuk memahami pelajaran dengan materi yang sangat sangat mudah dipahami.
Diharapkan dengan melakukannya, siswa tidak hanya mengerti bagi dirinya sendiri, namun juga dapat mengajarkannya untuk teman-temannya.

3. Siswa bisa menjadi laboratorium belajar
Seorang guru yang Dahsyat adalah yang bisa mengambil pelajaran dari siswanya,tidak ada guru dahsyat yang lahir tanpa belajar dari mereka,tampaknya sangat sedikit sekali guru yang mau belajar dari siswanya ini bukan berarti di kelas kita tidak memberikan pelajaran karena kita merasa bodoh tapi yang dimaksud adalah kita mengajar sambil terus belajar ambil banyak pelajaran dari mereka, karena dari merekalah kita bisa menjadi jauh lebih hebat.

Mari jadi guru pembelajar, meskipun kita harus belajar dari murid sendiri, karena sejatinya guru kreatif adalah guru yang mau terus belajar.

Mengurus Kehilangan KTP

Written By Roy Ivan Fidelis on Jumat, 12 Agustus 2016 | 00.53.00


Teman-teman ada yang pernah kehilangan KTP, STNK, SIM, kartu ATM, atau surat penting lainnya ?

Bingung mengurusnya ?

Mengurusnya ternyata mudah loh.

Langkah Pertama
 
Ke kantor polsek atau polres terdekat, minta dibuatkan surat laporan kehilangan
Di sini harap bawa foto kopi kartu atau surat yang hilang.

Bagaimana jika tidak punya foto kopi kartu atau surat tersebut ?


- untuk KTP bisa ke kelurahan untuk dibukakan data Nomor Induk Kependudukan,
yang terpenting bukan foto kopi an nya, tapi identitas KTP seperti nama, NIK, alamat

- untuk STNK ataupun BPKB, cukup ke leasing atau tempat beli motor lalu meminta salinan data STNK nya.
yang terpenting bukan foto kopi an nya, tapi infomasi kendaraan (nama pemilik, nomor mesin, dll nya).


Langkah Kedua

Untuk KTP : bawa surat laporan kehilangan ke kantor kelurahan. Nanti akan dibuatkan "surat pengantar membuat KTP" yang akan harus dibawa ke kantor kecamatan.
Biaya pembuatan surat ini pada dasarnya gratis, tapi biasanya ada uang administrasi sekitar Rp10.000,-.

Di kecamatan, berikan surat pengantar dari kelurahan. Pembuatan KTP pada dasarnya gratis, tapi biasanya ada uang administrasi yang besarnya "terserah" kebijakan kecamatan.
Biaya administrasinya sekitar Rp100.000,-.



Lama pembuatan KTP sekitar 30 hari. Lama ya ...

Untuk SIM, STNK dan BPKB, bawa surat kehilangan yang didapat dari polres atau polsek ke kantor samsat terdekat.
Biayanya sekitar 50 ribu sampi 400 ribu tergantung proses dan surat apa yang hilang.



Jika masih bingung, yuk komen artikel ini dan tanyakan saja, akan dijawab segera.




Slot Iklan

Script Iklan di sini
 
Support : Creating Website | ^.^ | Seoroga
Copyright © 2011. Mereview Semuanya - All Rights Reserved
Template Created for seoroga Published by Seoroga
Proudly powered by Roy Ivan