Untung Rugi Sewa Scaffolding - Mereview Semuanya
Headlines News :
Home » » Untung Rugi Sewa Scaffolding

Untung Rugi Sewa Scaffolding

Written By Ivan on Senin, 08 Mei 2017 | 02.20.00

Mencoba berwiraswasta dalam bidang konstruksi memang memiliki prospek yang cerah. Keuntungannya pun tergolong besar dan menggiurkan. Namun untuk menekuni dunia konstruksi, beberapa masalah tentu akan dihadapi. Tertutama masalah permodalan.

Dalam membangun bisnis konstruksi, 2 modal utama yang diperlukan adalah :

- pengetahuan akan desain konstruksi
- modal besar untuk alat dan penunjang proyek

perancah dan struktur bangunan


Untuk pengetahuan akan konstruksi, orang-orang yang hendak terjun dibidang ini umumnya memang lulusan dari teknik sipil, maupun arsitektur. Namun tidak dapat dipungkiri, beberapa orang yang memiliki modal besar akan memilih lulusan terbaik teknik sipil dana rsitektur untuk bekerja diperusahaannya.

Berdasarkan hal di atas, dapat disimpulkan bahwasanya modal utama membagun perusahaan konstruksi adalah "UANG". Uang sangat penting karena akan digunakan untuk keperluan-keperluan seperti :

- membayar pekerja
- biaya perizinan secara menyeluruh
- biaya pengadaan semen, pasir, besi, dan lain-lain
- biaya pengadaan alat seperti deco, scaffolding, dan pakaian keselamatan pekerja
- biaya-biaya tak terduga lainnya (pungli, kesalahan konstruksi, dan lain sebagainya)

Scaffolding
Di antara barang yang harus disiapkan tersebut, scaffolding adalah salah satu pengeluaran yang cukup besar dan membuat banyak orang yang berusaha membangun bisnis konstruksi bangunan mundur.

Scaffolding atau perancah adalah salah satu kebutuhan penting penunjang proyek konstruksi bangunan. Tidak hanya konstruksi rumah, namun juga gedung pencakar langit, jembatan, bahkan dalam membangun sebuah pesawat dan kapal laut.

struktur scaffolding dalam 3d

Dalam pembangunan sebuah gedung, ribuan scaffolding akan dibutuhkan. Scaffolding yang dibutuhkan pun tidak sembarangan dan tidak bisa dibuat dari bahan murah seperti bambu atau paralon, namun pipa besi galvin. Harganya ? Jangan di tanya, karena satu set scaffolding itu sendiri harganya bisa 1/4 dari harga bangunan yang sedang dibuat.

Oleh sebab itu, banyak calon pengusaha yang mundur dari usaha konstruksi dan memilih usaha lain yang dianggap lebih mudah. Untuk pengusaha yang bermental baja, cara yang mereka tempuh adalah :

1. meminjam dana/modal dari Bank
2. melakukan peminjaman peralatan konstruksi

Artinya, alih-alih membeli scaffolding, menyewa scaffolding adalah pilihan yang baik untuk tetap dapat terjun dibidang konstruksi.

Namun meminjam atau menyewa scaffolding umumnya tidak gratis dan biaya pengirimannya pun tidak murah. Oleh sebab itu sangat penting untuk melihat untung rugi meminjam atau menyewa scaffolding. Tujuannya adalah :

- memastikan anda tahu lebih baik membeli scaffolding, atau menyewa saja.
- agar tidak tertipu scammer penjualan scaffolding.

sewa scaffolding

Keuntungan sewa scaffolding :

- lebih hemat
menyewa scaffolding akan lebih masuk akal ketimbang harus langsung membeli
Ini penting, karena untuk sebuah proyek kecil saja, menyewa scaffolding bisa mencapai 5 ampai 10 juta Rupiah. Bayangkan jika harus membeli. Berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan.

- tidak perlu pusing memikirkan pergudanganscaffolding adalah barang yang dapat dipergunakan lagi. Oleh sebab itu, setelah dipakai scaffolding harus disimpan dengan aman agar tidak rusak atau tercuri. Untuk itu, anda perlu menyiapkan gudang penampungan scaffolding jika membelinya. Namun dengan menyewa, anda tidak perlu mempersiapkan gudang (yang tentunya akan menambah biaya)

Namun dengan menyewa scaffolding, kerugian yang didapat adalah :

- harga sewa scaffolding umumnya 1/5 sampai 1/20 dari harga beli scaffolding.
Jika anda berniat menggunakan scaffolding dalam jangka panjang, maka baiknya anda memutuskan melihat lebih baik menyewa atau membeli.

Anda tentu tidak ingin bukan mengeluarkan uang 1M untuk menyewa scaffolding sebanyak 20x, padahal dengan uang sebesar itu anda sudah dapat memiliki scaffolding sendiri.

- resiko kehilangan anda akan dikenakan denda
Menyewa scaffolding berarti anda harus menjaga barang yang anda pinjam. Namun seringkali scaffolding tersebut hilang baik karena dicuri, rusak, maupun kesalahan hitung jumlah scaffolding. Atas semua masalah tersebut, anda dapat terkena denda. Oleh sebab itu anda harus ekstra hati-hari menjaga aset anda. Anda tentu tidak ingin membayar double bukan ? Membayar biaya peminjaman, dan mengganti kerusakan/kehilangan barang.

penyangga bangunan

Itulah untung rugi sewa scaffolding. Untuk itu anda harus bijak ketika memutuskan membuka usaha konstruksi dengan melihat :

- apakah anda hanya akan melakukan proyek sekali itu saja
- apakah anda memiliki modal yang besar
- apakah anda ingin mengembangkan usaha anda

Dengan memiliki scaffolding sendiri, selain dapat anda gunakan, benda tersebut juga dapat anda sewakan.

Jadi bagaimana anda memutuskan ? Menyewa/rental ? Atau membeli ?
Semua keputusan ada pada kebutuhan dan ketersediaan dana anda.














Share this article :

0 komentar:

Berikan Komentar Anda tentang Review ini

Mari gunakan kalimat dan kata-kata yang baik untuk diskusi yang sehat

Slot Iklan

Script Iklan di sini
 
Support : Creating Website | ^.^ | Seoroga
Copyright © 2011. Mereview Semuanya - All Rights Reserved
Template Created for seoroga Published by Seoroga
Proudly powered by Roy Ivan